Memilih Pewarna untuk variasi tie dye

Belakangan ini pakaian tie dye Kembali popular di kalangan masyarakat. Selain karena mudah unik, pakaian jenis ini juga mudah dibuat. Agar Anda memiliki hasil kain tie dye dengan warna yang bagus harus menggunakan pewarna yang sesuai, berikut rekomendasi pewarna untuk tie dye dari yang menggunakan bahan organic mauoun menggunakan pewarna sintetis :

Memilih Pewarna untuk variasi tie dye

Memilih Pewarna untuk variasi tie dye


1. Pewarna Alami
  • Kunyit
Jika menginginkan sentuhan warna kuning untuk kaos tie dye yang akan dibuat, maka bisa menggunakan kunyit. Pigmen warna kuning yang disebut kurkuminoid pada kunyit juga dikenal mudah menempel di permukaan kain.

  • Kulit Manggis
Warna ungu adalah salah satu warna favorit untuk tie dye, dan bahan alami yang bisa di gunakan untuk mendapatkan warna ini adalah kulit manggis. Dengan menumbuk kulit manggis hingga halus lalu campurkan dengan larutan etanol. Jika sudah kering, maka bahan alami ini siap digunakan.
  • Daun Bayam
Jika menginginkan warna hijau, maka pigmen warna hijau yang ada di klorofil daun bayam bisa memberikan efek warna hijau alami yang indah pada kain. Namun karena warna yang di hasilkan tidak setajam pewarna buatan, proses pencelupan atau pewarnaan harus dilakukan beberapa kali sampai mendapatkan warna yang diinginkan. 

2. Pewarna Buatan
  • Wantex
Ini adalah salah satu merek pewarna pakaian yang cukup populer karena punya kualitas warna yang cukup tajam. Produk ini juga memiliki harga yang lebih terjangkau dan mudah dicari Anda dapat memilih hingga 36 varian warna yang berbeda.
  • Dylon
Jika wantex memiliki 36 jenis warna, maka Dylon hanya memiliki 20 varian warna berbeda. Namun, Dylon memiliki sifat warna permanen yang tidak akan mudah pudar untuk jangka waktu lama. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar